Otomotif

Tips Merawat Air Radiator Mobil Agar Tetap Awet

Tips Merawat Air Radiator Mobil Agar Tetap Awet

Radiator memiliki fungsi sebagai salah satu sistem pendingin pada mesin. Dengan cara mendinginkan cairan yang mengalir dari mesin melalui kisi-kisi radiator dan memasukkan kembali cairan yang sudah di turunkan suhunya kedalam mesin. Tentunya sangat penting untuk menjaga radiator tetap awet agar sistem pendinginan pada mesin dapat bekerja optimal. Simak tips merawat air radiator mobil berikut ini.

1. Perhatikan Volume Air Pada Radiator

Kurangnya volume air pada radiator dapat menyebabkan mesin mobil mati. Kejadian ini adalah masalah yang sering terjadi saat melakukan perjalanan. Hal ini dikarenakan temperatur mesin berada pada suhu tinggi yang dikenal dengan overheat. Batas aman volume air pada radiator yaitu berada di tengah indikator full dan low. Sebaiknya lakukanlah pengecekan volume air secara rutin.

2. Bersihkan Radiator Secara Rutin

Pembersihan pada radiator memang harus dilakukan secara rutin. Karena bila dibiarkan kelamaan kinerja radiator akan menurun. Salah satu bagian yang mudah kotor dan berkarat adalah kisi-kisi radiator. Sesuai fungsinya kisi-kisi tipis ini berfungsi sebagai jalur keluar masuknya angin sehingga mudah sekali dimasuki oleh debu, selain itu sebagai bagian yang terbuka berpotensi mengalami karat. Jika kisi-kisi tersebut tersumbat, volume udara yang masuk menjadi tidak lancar sehingga proses pendinginan tidak bisa optimal. Tips merawat air radiator mobil Anda dapat membersihkan bagian ini menggunakan air bertekanan rendah atau menggunakan kuas halus supaya tidak merusaknya.

3. Menguras Air Radiator

Sebaiknya sempatkan untuk melakukan pengurasan secara teratur hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir adanya endapan yang bisa menyumbat saluran di dalam radiator. Untuk lebih baiknya ganti air radiator Anda dengan Radiator Coolant, serta hindari penggunaan air kran untuk radiator. Karena zat besi pada air kran berpotensi mengakibatkan korosi pada bagian dalam radiator. Selain itu Radiator Coolant memang di khususkan untuk menjaga temperatur mesin, cairan ini mampu mengangkat endapan kotoran dalam tangki radiator serta menjaganya dari karat.

4. Periksa Selang Radiator

Selang pada radiator berfungsi sebagai sirkulasi cairan pendingin pada mesin. Dengan suhu yang tinggi dan pemakaian terus-menerus akan membuat daya tahan selang menjadi menurun. Tips merawat air radiator mobil sebaiknya periksa selang radiator dan gantilah jika sudah tidak layak untuk digunakan.

Tinggalkan Balasan